fbpx

Tips Mencuci Baju Agar Awet

laundry

Tips Mencuci Baju Agar Awet

Pasti diantara kalian pernah mempunyai pengalaman baju baru yang cepat rusak ketika dicuci. Entah itu warnanya menjadi pudar, sablonnya lengket, berbulu, belel, dan semacamnya.

Khusus buat kamu yang mencuci pakaian sendiri, berikut kami berikan tips mencuci baju agar lebih awet:

1. Pakai Detergen Secukupnya

Penggunaan detergen untuk membersihkan pakaian tidak perlu berlebihan, semakin banyak detergen yang digunakan, lebih banyak punya busa yang dihasilkan. Hal ini bisa menyebabkan kotoran malah tertahan di serat-serat pakaian yang tidak terbilas bersih. 

Penggunaan detergen yang berlebih berdampak muncul noda kuning akibat bakteri yang menumpuk di pakaian. Jadi, ikuti petunjuk penggunaan detergen sesuaikan dengan jumlah pakaian dan air untuk mencuci.

2. Larutkan Detergen Pada Air

Sebelum kamu menaruh pakaian pada mesin cuci atau wadah ada baiknya kami melarutkan dulu detergen yang akan kami gunakan. Menuangkan detergen secara langsung ke pakaian akan berakikbat butir pada detergen bubuk yang tidak larut sempurna akan tertinggal di serat kain yang nantinya akan menimbulkan noda dan merusak warna pakaian.

3. Membuka kancing pakaian

Ketika mencuci pakaian yang memiliki kancing, jangan biarkan kancing masih terpasang. Jahitan kancing bisa mengendur dan bisa membuat lubang kancing menjadi melar.

5. Memilah Jenis Pakaian Sesuai Jenis

Memilah pakaian sebelum dicuci itu penting juga, setiap pakaian memiliki bahan kain yang berbeda-beda, ada yang tipis dan lembut, ada yang keras dan tebal, terutama pakaian berwarna-warni karena rawan luntur.

Kamu perlu memilah-milah sebelum memasukkan ke mesin cuci. Jangan biarkan bakteri dan jamur dalam pakaian bebas berpindah ke pakaian lain. Pisahkan mencuci bagian atasan dan bawahan, termasuk pakaian warna putih dengan warna lain.

6. Rendam Pakaian Tidak Perlu lama

Merendam pakaian sebelum mencuci merupakan cara mudah untuk membantu menghilangkan kotoran. Lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurai kotoran ketika direndam kurang dari 1 jam. Jangan sampai terlalu lama dapat merusak pakaian serta melunturkan warna asli pakaian tersebut. Saat merendam pakaian sebaiknya memisahkan pakaian sesuai warnanya. 

7. Jemur Pakain dengan waktu yang tepat

waktu yang baik untuk menjemur pakaian adalah dari jam 7 sampai jam 12 siang, suhu yang terlalu panas atau pakaian yang tersengat matahari membuat pakaian menjadi cepat belel dan warna pakaian menjadi turun.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *